Pelajaran Favorit

Kamu lagi nyari jawaban apa?

Matematika
Matematika
Fisika
Fisika
Latihan
Kimia

Semua Pelajaran

Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
bahasa Inggris
Bahasa Inggris
Biologi
Biologi
Geografi
Geografi
IPS
IPS
Latihan
PPKN
Jadwal
Sejarah
Seni
Seni



terjawab • terverifikasi oleh ahli

Bagaimana Wujud Benda Berubah?

Posting Komentar


Jawaban ini terverifikasi

Belum ada yang menilai jawaban ini — mau jadi yang pertama? 😎

  1. Bagaimana wujud zat bisa berubah dari padat, cair, dan gas?

    Wujud zat dapat berubah dari padat ke cair atau gas, dan sebaliknya, melalui proses yang dikenal sebagai perubahan fase. Misalnya, es (zat padat) dapat berubah menjadi air (zat cair) melalui proses pencairan, dan air dapat berubah menjadi uap (zat gas) melalui proses penguapan. Selain itu, dalam beberapa kasus, zat padat dapat berubah langsung menjadi gas melalui proses yang dikenal sebagai sublimasi.

  2. Apa yang membuat wujud zat berubah-ubah?

    Perubahan wujud zat terjadi ketika zat kehilangan atau menyerap energi. Ketika suatu zat menyerap energi, atom dan molekul bergerak lebih cepat dan energi kinetik yang meningkat ini mendorong partikel cukup jauh sehingga mereka berubah bentuk. Energi ini biasanya adalah panas atau energi termal.

  3. Apa peran energi dalam perubahan wujud zat?

    Energi memainkan peran penting dalam perubahan fase. Misalnya, mengubah cairan, di mana molekulnya dekat satu sama lain, menjadi gas, di mana molekulnya rata-rata jauh terpisah, memerlukan masukan energi (panas) untuk memberikan molekul cukup energi kinetik untuk memungkinkan mereka mengatasi gaya tarik antarmolekul. Selain itu, penurunan suhu dapat membalikkan proses ini, sehingga gas dapat menjadi cairan yang kemudian dapat membeku menjadi padatan.

Refrensi :
Buku : Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas IV