Pelajaran Favorit

Kamu lagi nyari jawaban apa?

Matematika
Matematika
Fisika
Fisika
Latihan
Kimia

Semua Pelajaran

Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
bahasa Inggris
Bahasa Inggris
Biologi
Biologi
Geografi
Geografi
IPS
IPS
Latihan
PPKN
Jadwal
Sejarah
Seni
Seni



terjawab • terverifikasi oleh ahli

Bagaimana tumbuhan berbunga berkembang biak? Mari kita baca dahulu teks berikut. Lalu, jawab pertanyaannya.

Posting Komentar


Jawaban ini terverifikasi

Belum ada yang menilai jawaban ini — mau jadi yang pertama? 😎

Hubungan antara Serangga dan Bunga

Pernahkah kalian melihat lebah yang terbang di sekitar bunga? Serangga ini senang sekali dengan bunga. Bagaimana tidak? Bunga adalah sumber makanannya. Serangga ini senang sekali dengan nektar atau sari bunga. Warna bunga yang cerah dan aromanya yang harum memikat para serangga untuk hinggap di bunga.

Lebah dan serangga lainnya kemudian asyik menikmati sari bunga yang lezat. Ketika itu, serbuk sari akan menempel pada tubuh serangga. Ada yang menempel di ekornya, di sayapnya, atau di sekitar mulutnya. Setelah selesai menikmati nektar di bunga ini, lebah dan serangga akan terbang ke bunga yang lain.

Saat serangga menikmati nektar di bunga yang baru, benang sari yang ada di tubuhnya akan jatuh ke putik bunga. Lalu, terjadilah yang namanya penyerbukan. Penyerbukan adalah ketika benang sari menempel di kepala putik. Ini adalah cara perkembangbiakan tumbuhan berbunga.

Apa yang terjadi setelah proses penyerbukan? Dalam putik akan tumbuh yang namanya biji. Biji inilah yang nanti bisa dipakai tanaman untuk memperbanyak jenisnya. Walaupun tanaman tidak punya kaki untuk berpindah tempat, namun ada serangga dan hewan-hewan yang membantu tumbuhan berkembang biak.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks.

a. Mengapa serangga senang hinggap di bunga?
Serangga senang hinggap di bunga karena bunga adalah sumber makanan bagi mereka, terutama nektar atau sari bunga. Warna cerah dan aroma harum dari bunga juga menarik para serangga untuk mendekat.

b. Apa itu proses penyerbukan?
Proses penyerbukan adalah ketika benang sari dari bunga menempel pada kepala putik bunga. Ini merupakan cara tumbuhan berbunga melakukan perkembangbiakan.

c. Bagaimana cara serangga membantu proses penyerbukan?
Serangga membantu proses penyerbukan dengan cara mengunjungi berbagai bunga untuk mencari nektar. Saat mereka menikmati nektar di satu bunga, benang sari akan menempel pada tubuh serangga. Kemudian, ketika serangga terbang ke bunga lain, benang sari ini dapat jatuh ke putik bunga, menyebabkan penyerbukan.

d. Apa yang terjadi pada bunga setelah proses penyerbukan?
Setelah proses penyerbukan, dalam putik akan tumbuh biji. Biji ini adalah struktur reproduksi yang dapat digunakan oleh tanaman untuk memperbanyak jenisnya.

Refrensi :
Buku : Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas IV