Pelajaran Favorit

Kamu lagi nyari jawaban apa?

Matematika
Matematika
Fisika
Fisika
Latihan
Kimia

Semua Pelajaran

Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
bahasa Inggris
Bahasa Inggris
Biologi
Biologi
Geografi
Geografi
IPS
IPS
Latihan
PPKN
Jadwal
Sejarah
Seni
Seni



terjawab • terverifikasi oleh ahli

Apakah partikel dan molekul sama? jika sama jelaskan! jika tidak jelaskan!​

Posting Komentar


Jawaban ini terverifikasi

Belum ada yang menilai jawaban ini — mau jadi yang pertama? 😎

Apakah partikel dan molekul sama? jika sama jelaskan! jika tidak jelaskan!


Jawab:

Partikel dan molekul adalah dua konsep yang berbeda dalam ilmu kimia. Mereka tidak sama, dan berikut adalah penjelasan singkat mengenai keduanya:

  1. Partikel :

    • Partikel adalah istilah yang lebih umum dan dapat merujuk pada berbagai jenis entitas yang terdiri dari materi, baik itu atom, molekul, ion, atau bahkan subatom partikel seperti elektron, proton, dan neutron.
    • Partikel dapat memiliki sifat fisik dan kimia yang berbeda, tergantung pada jenisnya. Misalnya, partikel dapat berupa atom tunggal atau kelompok atom yang membentuk molekul.
  2. Molekul :

    • Molekul adalah kumpulan atom yang terikat bersama oleh ikatan kimia. Molekul adalah salah satu jenis partikel yang dapat ditemui dalam materi.
    • Molekul terdiri dari dua atau lebih atom yang berbagi elektron untuk membentuk ikatan kimia. Contoh molekul termasuk udara (H2O) yang terdiri dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen yang ikatannya bersama.

Jadi, singkatnya, molekul adalah salah satu jenis partikel yang lebih spesifik, sementara partikel bisa Merujuk pada berbagai jenis entitas yang terkait dengan materi. Molekul adalah contoh partikel, tetapi ada partikel lain seperti atom dan ion yang juga merupakan bagian dari materi.